Dua minggu yang lalu saya diundang ke IPB untuk berbicara masalah Multimedia dihadapan Mahasiswa Angkatan 2008. Karena apa yang saya ketahui tentang multimedia sebagian besar adalah dari sisi “dagangan”, maka saya mencoba mensharing tema Multimedia Netpreneur. Awalnya saya ragu apakah materi ini akan menarik minat mahasiswa IPB yang sudah terkenal pintar-pintar. Namun saya sudah niatkan untuk berbagi dan bercerita tentang The Unlimited Possibilities. Sebagai salah satu studi kasus saya gunakan http://www.21clouds.com dari awalnya sampai dengan kondisi saat ini.

Tak dinyana ternyata saya mendapat respon yang sangat baik. Apalagi ketika saya bercerita tentang trend Crowdsourcing yang memungkinkan orang dari negara berkembang bisa bersaing dengan orang dari negara maju. Ratusan mata itu memandang balik kepada saya penuh rasa ingin tahu. Momen-momen seperti itu selalu membuat hati saya berdesir, karena saya tahu bahwa keingintahuan adalah langkah awal dari pencerahan. Diam-diam saya berpikir, terima kasih itu bukan untuk saya. Terima kasih itu untuk Anda yang memungkinkan saya mengalami perasaan ini.

Kemarin siang saya mendapatkan sms yang berbunyi: “Aslmkm, tgl 13 ada acara g? dsini ada acara keakraban utk mhs baru prodi MI. di villa areal puncak. kyanya bu *** kepincut sama materimu, beliau minta dirimu buat ngisi biar anak2 tau ada peluang seperti itu. sorenya outbond gt kotor2an…”

Seperti melambung saya membacanya, perasaan ini muncul karena saya berpikir… oh ternyata saya ada gunanya juga tho… oh ternyata saya bisa memberi manfaat bagi orang lain… jadi teringat kata2 seseorang beberapa minggu lalu: Jika kamu merasa hidupmu tidak ada artinya, maka berilah arti bagi hidup orang lain.

Hmm…sampai berjumpa kembali teman-teman IPB, kali ini kita bakal sharing-sharing lagi di Villa Puncak ^_^

