Hasil Pertarungan Hari Ini

Leave a comment

Seru, karena kita tidak akan pernah tahu hasilnya.

Dimulai dari persediaan kentang yg cukup banyak (5kg) bingung mau dibikin apa.

Kemudian di kulkas jg masih ada Jamur dan Kol.

Sop kali ini adalah percobaan kedua tanpa bumbu instant.

Tantangan yg paling lama adalah mengupas kentangnya.

Pisaunya kyknya kurang tajam, jadi ya agak repot.

Setelah jadi mengupas bawang putih dan bawang merah.

Bawang putihnya di geprak, dan bawang merahnya di iris tipis2.

di panci flat di kasih minyak sedikit dan dipanaskan.

kemudian bawang putih dan bawang merah dimasukkan sambil di oseng2.

belajar dari pengalaman sebelumnya yang bawang putihnya gosong2

kali ini setelah minyaknya panas, panas kompor lansung di kecilkan. (dari 9 ke 2)

setelah itu di oseng2, aman… ndak gosong…

setelah baunya keluar, ditambahin air sepertiga

terus tunggu sampai mendidih.

habis itu dimasukkan kentang.

sambil nunggu kentang pengen sopnya puedes…

makanya diiris2 cabe rawit. ada 10 kali :p

habis itu motong2 jamur jadi 4 bagian.

Jamurnya champignon putih.

lalu potong2 kol, tomat.

pas nengok kyknya kentangnya udah mulai setengah mateng.

champignon sama cabe rawit dimasukkin.

icip2… rempahnya kerasa, tp rasanya tawar

masukkin garem.

eh kebanyakan….

ya udah coba masukin kol ama tomat dulu

aduk2… kyknya masih asin

tambahin air sedikit

trus tambahin merican, cukup banyak krn pengen dapet aromanya.

trus… terakhir tambahin gula

feeling ajah, moga2 enak.

sambil nunggu mateng liat2 dalem kulkas.

o la la… ternyata daging ayamnya sudah menjamur

tidak bisa diharapkan.

trus liat ada daging kebab jg klo lama2 bisa jamuran nih.

udah digoreng ajah… tipis2.

goreng2…

trus dimasukkin ke sop setelah kering.

kemudian saatnya makan….

eng ing eng…

rasa sayurannya manis, asinnya pas dan merica nya kerasa.

aroma bawangnya kuat dan terutama…pedas!

baru kali ini makan sop ga perlu pakai kecap.

biasanya kecap buat nutupin rasa agak tawarnya, tp sop yg ini…

ehehe… ampe nambah2…

seneng rasanya makan sop buatan sendiri yg gak perlu ditutup sama rasa kecap.

dan terutama, pakai bumbu alami semua. gak pake bumbu instant horray…

mungkin karena laper juga yaaa… :p

ya sudah… sekarang sudah saatnya belajar.

karena amatiran, masak dan makan hari ini membutuhkan waktu 2 jam 😦

tp gpp nanti malam tinggal dipanasin dan siap dimakan kembali.

bisa buat besok pagi/siang juga 🙂

Advertisements

Open Air Museum

Leave a comment

My feet is really tired.

I spent lots of walking activity today.

Open air museum is a huge area that showing how dutch lives back then.

So we visit farmer house, oil maker, cheese factory and see lot’s interesting fact back from 17th century.

Like example people back then is putting animal manure(kotoran hewan) in front of their house into a big mound of stack(gunungan besar). This will show how many cattle that they have. The number of cattle will represent your wealth at that time. Since cattle means: cheese, milk, meat. So the one who got bigger amount of cattle manure in front of their house is consider the most rich person. Manure stink a lot so people that are very rich is calling “Stinking Rich”. That term is still applied until now in 21st century.

They package the history really well in there. Usually we just play movie to depict about how people live at that time. But Open Air Museum take further approach. They creat HollandRama. We go into some kind of theatre, but the cool thing about is we go around in a circling way to see the diorama. The floor is moving and taking us into different set of diorama that describe certain time frame in Holland History.

But most interesting thing is I found many new friends here. I talk with Tanzanian guy called Maskat, Mexican Guy, Vietnamnese, Chinese, Dutch, Colombian. I saw different habit and how differently they see things.

It’s cold weather actually, I assumed almost 4-5 degrees. We strolling into huge trees and lot’s of site there by using double jacket :p

In the end of our journey the campus staff treat us dinner in Chinese restaurant where we can eat all package available there for 2,5hours.

After that most of my classmate catch the bus and continue the travelling to Paris. It includes Oky, vivy, missy, tenn, gary, I think it’s 9 of them.

Actually I keep thinking about business but I manage my mind to enjoy the situation :p

Hopefully I can learn something and also building some networking with everyone I talked today.

Cooking is Amazing

2 Comments

Beibh, aku ingin cerita padamu tentang masakanku hari ini.

Tadi pagi di toko turki aku membeli beras, kol, wortel, tomat dan brokoli.

Beras seharga 5.75 Euro dan sayur mayur seharga 2 Euro.

Aku memotong2 kol, wortel, dan lain2nya.

Dan seperti petunjukmu, aku masukkan sayuran yang paling keras dulu: wortel

baru kemudian dimasukkan sayuran lain2nya.

Proses memasaknya berjalan lancar, tidak seperti yang sudah2 (air kebanyakan sampai meluber, terlalu banyak perkakas yang digunakan, salah menggunakan panci sebagai wajan dll).

Dan aku pikir aku memasukkan semua dengan urutan yang benar.

Ketika semua sudah beres, aku mencicipinya.

Dan ajaibnya enak.

Aku makan sambil senyum2 sendiri.

Senang rasanya memakan masakan yang muncul dari tanganku and it feels right.

Malam ini aku menyapa Kol, Wortel, Brokoli, Daun Bawang dan Telur dengan cara yang berbeda.

Mungkin terlalu berlebihan, tetapi aku merasa “terhubung” dengan masakan itu.

It’s Nice… or if I could tell… Cooking is Amazing 🙂

00.45

Leave a comment

Melihat atap dinding kamar
Sebelum tidur
Rasanya banyak sekali informasi masuk
Di depan banyak persimpangan
Tahu kan betapa bingungnya disiksa pikiran?
Sadari…sadari…siksaan dapat dirasakan karena pikiran mengijinkannya.
00.45 saat ini, met dini hari semuanya 🙂

tes

Leave a comment

Tes

Cuaca

Leave a comment

Kuliah di luar negri punya beberapa tantangan.
Salah satunya adalah cuaca.
Saya tidak pernah bisa membayangkan betapa “dingin” bisa menghalangi mobilitas.
Suhu di Indonesia rentangnya cukup kecil bila dibandingkan dengan rentang suhu di Belanda.
Hujan disini bisa berupa butiran2 air yang tidak jatuh kebawah tetapi bertebaran ke segala arah karena terbawa angin.
Dan anginnya disini membuat dingin begitu menyiksa.
Jika menelusup ke sela2 baju, rasanya seperti kulit ini diseka dengan air es.
Dan terutama adalah suhu dan cuaca yang bisa berubah dalam rentang waktu yg singkat.
Beberapa jam angin, sejam kemudian panas, beberapa jam kemudian hujan dst.

Disini saya belajar sesuatu hal.
Bahwa manusia tidak akan bisa menguasai atau mengalahkan alam.

Manusia hanya bisa berbuat sebaik2nya untuk bisa melewatinya dengan selamat.

Survival, dengan sabar dan syukur.

Seperti pagi ini, syukur yang tak terhingga ketika melihat sinar matahari.

Hanya beberapa jam saja, karena kemudian cuaca berawan dan angin dingin berhembus.

Saatnya bersabar, setelah bersyukur 🙂

gatel

Leave a comment

sakit di negri orang adalah hal terakhir yg aku inginkan

makanya berusaha banget menyeimbangkan diri baik dari segi makanan dan lain2nya

walaupun berusaha seirit mungkin awet2 duit beasiswa, tetapi diusahakan makan dan pakaian tetap terjaga

karena suhu di belanda benar2 beda ama di indonesia.

pakaian dan makanan, apalagi ramalan cuaca harus benar2 diperhatikan biar ga ambruk

tp entah beberapa hari ini tubuh agak aneh

gatal2 muncul di sekujur tubuh

bintil2 jg muncul dan keluar semacam jerawat2 kecil menjijikkan sekali

hari ini badan jg agak2 terasa aneh

moga2 tidak sakit… moga2 tidak sakit…

let’s see tadi pagi makan apa ya?

hmm… gag sempet masak, jadi makan kue punya oky waktu mau berangkat jam 11.

terus, siangnya beli roti wafel plus lumpia dua biji (kena 3,5 Euros sama minum…huaaa…)

malamnya break dinner jam 6 mau makan berat, tp kok daging di kantin kampus tampak agak meragukan.

ya sudah beli roti kismis isi keju ajah sama lays, lumayan 1,3 E

tp body semakin aneh

gatal2 jg diperhatikan merembet ke pipi dan kening

muka kasar dan muncul “permukaan2” baru…

wah wah…

pulangnya dikasih obat sama temen, namanya cetirizine

katanya kakaknya yg dokter merekomendasikan obat itu, dan manjur.

minum…trus nyampe kamar langsung masak nasi+mie+ayam

katanya habis minum obat disuruh istirahat dulu…

jangan2 ini herpes? wah mudah2an enggak Ya Allah…

tidur, moga2 waktu tidur ga ada yg kegaruk

walau gatel masih terasa.

ni yg di pinggang dan di punggung jg byk terasa “bentol2”

moga2 besok lebih baik…amiiin….

Older Entries