Seru, karena kita tidak akan pernah tahu hasilnya.

Dimulai dari persediaan kentang yg cukup banyak (5kg) bingung mau dibikin apa.

Kemudian di kulkas jg masih ada Jamur dan Kol.

Sop kali ini adalah percobaan kedua tanpa bumbu instant.

Tantangan yg paling lama adalah mengupas kentangnya.

Pisaunya kyknya kurang tajam, jadi ya agak repot.

Setelah jadi mengupas bawang putih dan bawang merah.

Bawang putihnya di geprak, dan bawang merahnya di iris tipis2.

di panci flat di kasih minyak sedikit dan dipanaskan.

kemudian bawang putih dan bawang merah dimasukkan sambil di oseng2.

belajar dari pengalaman sebelumnya yang bawang putihnya gosong2

kali ini setelah minyaknya panas, panas kompor lansung di kecilkan. (dari 9 ke 2)

setelah itu di oseng2, aman… ndak gosong…

setelah baunya keluar, ditambahin air sepertiga

terus tunggu sampai mendidih.

habis itu dimasukkan kentang.

sambil nunggu kentang pengen sopnya puedes…

makanya diiris2 cabe rawit. ada 10 kali :p

habis itu motong2 jamur jadi 4 bagian.

Jamurnya champignon putih.

lalu potong2 kol, tomat.

pas nengok kyknya kentangnya udah mulai setengah mateng.

champignon sama cabe rawit dimasukkin.

icip2… rempahnya kerasa, tp rasanya tawar

masukkin garem.

eh kebanyakan….

ya udah coba masukin kol ama tomat dulu

aduk2… kyknya masih asin

tambahin air sedikit

trus tambahin merican, cukup banyak krn pengen dapet aromanya.

trus… terakhir tambahin gula

feeling ajah, moga2 enak.

sambil nunggu mateng liat2 dalem kulkas.

o la la… ternyata daging ayamnya sudah menjamur

tidak bisa diharapkan.

trus liat ada daging kebab jg klo lama2 bisa jamuran nih.

udah digoreng ajah… tipis2.

goreng2…

trus dimasukkin ke sop setelah kering.

kemudian saatnya makan….

eng ing eng…

rasa sayurannya manis, asinnya pas dan merica nya kerasa.

aroma bawangnya kuat dan terutama…pedas!

baru kali ini makan sop ga perlu pakai kecap.

biasanya kecap buat nutupin rasa agak tawarnya, tp sop yg ini…

ehehe… ampe nambah2…

seneng rasanya makan sop buatan sendiri yg gak perlu ditutup sama rasa kecap.

dan terutama, pakai bumbu alami semua. gak pake bumbu instant horray…

mungkin karena laper juga yaaa… :p

ya sudah… sekarang sudah saatnya belajar.

karena amatiran, masak dan makan hari ini membutuhkan waktu 2 jam 😦

tp gpp nanti malam tinggal dipanasin dan siap dimakan kembali.

bisa buat besok pagi/siang juga 🙂

Advertisements