Kunjungan ke Small Business Day di Kampus Nijmegen kemarin menceritakan saya tentang sesuatu hal.

Motivasi penggerak utama bagi para entrepreneur ini bukanlah mendapatkan uang, tetapi karena passion mereka untuk berkreasi.

Start from nothing to something. From pennies to million dollar business. Putting effort so an idea is able to come into realization.

Semua seminar dilaksanakan dalam bahasa belanda, sehingga saya tidak bisa mengerti. Namun ada stand-stand yang bertempat di hall utama dan digunakan untuk mempertunjukkan bisnis dari para entreprenur.

Di situlah saya mencoba berkomunikasi dengan para pemilik stand dan bertanya tentang bisnis proses yang ada di balik bisnis masing2.

Salah satu yang menarik adalah YouBeDo, sebuah situs penjualan buku. Saya bertanya apa bedanya dengan situs yang lain? Ternyata YouBeDo mendonasikan 10% dari harga buku untuk berbagai macam organisasi non profit. Para pembeli bahkan juga bisa memilih untuk organisasi mana yang akan diberikan dananya.

Setelah saya gali lebih dalam lagi ternyata di Belanda harga buku diatur oleh pemerintah. Sehingga tidak ada beda harga antara pembelian di toko dan di YouBeDo.

Dan sampai saat ini YouBeDo telah menyumbangkan lebih dari 16.000 Euro kepada organisasi-organisasi yang tergabung di situsnya.

“What is your margin?” “How do you pay the postal fee?” dan pertanyaan-pertanyaan lain yang saya ajukan dijawab dengan lancar oleh Manager Relation dari YouBedo. Dia bercerita bahwa YouBeDo sampai saat ini belum menghasilkan keuntungan, bahkan foundernya mengeluarkan uang dari kantongnya sendiri untuk membiayai YouBedo. “How can the founder get the money to finance it?” Ternyata foundernya punya dua bisnis, dan YouBeDo mendapat suntikan dana dari kedua bisnis yg lain. “That’s how bad the founder want to realize the ideas” imbuhnya. Bisnis ini hanya akan bisa menghasilkan keuntungan jika telah mencapai sebuah skala tertentu, dan sampai menuju skala itu banyak uang yang harus dikeluarkan.

Dengan konsep Social Entrepreneurship YouBeDo juga mendapat berbagai macam sumbangan, termasuk pembuatan website. Ada puluhan relawan yang bersedia membantu YouBeDo tanpa dibayar karena mereka tertarik untuk merealisasikan konsepnya.

Interesting isn’t?

Advertisements