Danny bertemu dengan Sinterklaas.

Jenggotnya yang panjang dan putih berkilauan tampak kontras dengan jubah dan topi berwarna merah.

Danny bertanya. “Katakan padaku Sinterklaas, bagaimana aku bisa membangun kebiasaan dan disiplin jika waktuku terlalu sedikit?. Bagaimana aku bisa menabung jika uang yang kuterima dari part time work hanya sedikit?”

Sinterklaas tersenyum, dan menggoyang-goyangkan tongkat emas berlekuknya.

Dengan tenang dia menoleh kepada Black Pieter yang menyodorkannya sebuah buku besar.

Kemudian dengan suara berat yang khas dia berkata. “Ah…Danny anak yang baik, aku akan memberimu coklat untuk pertanyaan ini. Aku jauh-jauh datang dari Spanyol dan sangat senang bertemu dengan anak baik sepertimu.”

“Sepertinya aku punya sesuatu untuk pertanyaan itu, let see…hmm….page 12.375 if I’m not mistake…”

Dia membaca beberapa paragraf, dan kemudian menatap mata Danny dari balik kacamata

“Kamu tahu, semuanya dimulai dari yang kecil. Semuanya dimulai dari yang sedikit. Begitu juga dengan kebiasaan. Contohnya kebiasaan menabung. Jangan berpikir bahwa menabung 1euro tiap hari tidak ada gunanya karena terlalu sedikit. Atau bahkan 1 euro tiap minggu. Kamu harus belajar untuk berfokus pada proses, dan biarkan alam semesta membantumu membesarkan hasilnya.”

“Ketika kamu menabung 1euro per minggu kamu telah memulai sebuah proses. Disiplin lah pada proses itu. Karena satu proses disiplin akan memulai proses yang lainnya. Jika kamu diberikan 100euro per bulan dan kamu bisa menabung 4euro, maka jika kamu diberikan 10.000 euro kamu akan bisa menabung 400euro. Tetapi jika kamu tidak memulai proses 4euro perbulan, ketika kamu diberikan 10.000 kamu tidak akan bisa menyisihkan 400euro. Karena kamu tidak mempunyai kedisiplinan”

“Jika sekarang kamu tidak tahu kemana uang 4euro itu pergi, maka ketika diberikan jumlah yang lebih besar pun kamu tidak tahu. Dunia dan segala isinya akan diberikan kepada kamu hanya jika kamu memiliki kualitas yang cukup untuk memeliharanya”

“Begitupun dengan kebiasaan berolahraga. Jangan kamu kira menyisihkan waktu 10menit/hari itu tidak ada artinya. Itu adalah pembangunan proses disiplin. Jika kamu tidak bisa menyisihkan waktu untuk berolahraga secara teratur dan berpikir bahwa waktu itu terlalu sedikit, maka ketika kamu diberikan waktu yang banyak di hari libur kamu tidak akan berolahraga. Jika kamu berolahraga itu hanya untuk hari itu saja. Karena kedisiplinan bukan dibangun dari keberlimpahan. Kedisiplinan adalah suatu proses yang dibiasakan pada keadaan terbatas”

Sinterklaas melihat kembali buku besarnya.

Danny berpikir, tak heran Sinterklaas sangat bijaksana. Dia punya buku yang amat besar dan tebal, koleksi dari seluruh pengetahuan di dunia…

Advertisements