Di  depan sebuah Gereja Danny mematung.

Tiba-tiba dia teringat kata-kata James Stein, seorang dosen yang dia temui tadi malam.

James telah mengajar matematika selama 40 tahun, jadi dia pasti tahu begitu dalam tentang esensi pembelajaran.

“Semuanya bisa dipelajari, tetapi langkah pertama adalah bertanggung jawab atas dirimu sendiri. “Bukan hanya tentang Matematika, Fisika atau Kimia. Tetapi terlebih lagi adalah tentang dirimu sendiri.”

“Socrates berkata: Ketahuilah dirimu sendiri”

“Kamu sulit untuk mengambil keputusan? Aku bahkan mengarang sebuah buku untuk mengambil keputusan. Walaupun dasar teori-nya diambil dari matematika, tetapi kamu tidak akan menemukan satupun persamaan matematika di buku yang saya buat ini. Kamu akan belajar mengambil keputusan bersama Thomas Alva Edison, Henry Ford, Benjamin Disraeli, Abraham Lincoln dll. Jika tertarik, kamu bisa membacanya disini

“Kamu bermasalah dengan mood? Anthony Robbin membuat sebuah audio book untuk mengatasi masalah itu. Kamu punya masalah dengan kesehatan? Kamu bisa mencari sesuatu untuk membantumu belajar untuk memperbaikinya.

“Semua yang kamu butuhkan bisa dipelajari. Bahkan ketika kamu mencoba mencari tentang sesuatu hal, kemudian menemukan sebuah buku, kamu coba cara di buku itu dan kemudian cara itu tidak berhasil. Kamu tetap bisa bisa mendapatkan apa yang kamu cari jika kamu mempunyai Kegigihan. Kabar baiknya, Kegigihan pun bisa dipelajari 🙂 ”

“Danny, ada banyak hal dan masalah yang akan terjadi pada dirimu. Tetapi kamu bisa memulai sebuah proses pengambilan tanggung jawab atas semua itu. Tanggung Jawab akan memberimu kekuatan. Bahkan ketika sesuatu terjadi di luar kuasa mu, kamu bisa berkata “I’m Responsible for this” dan kemudian menyadari bahwa walaupun kejadian itu di luar kuasamu tetapi kamu mempunyai kuasa untuk menentukan tindakan selanjutnya…”

Danny masih mematung dan suara James Stein begitu jelas terdengar di kepalanya. Masalah-masalah dalam hidupnya… ternyata semua dipelajari pemecahannya… Danny berjanji untuk mulai mengambil tanggung jawab atas apa yang dia pikirkan, apa yang dia rasakan. Jika ada sesuatu yang terjadi pada dirinya, dia akan mulai berkata “I’m responsible for this”

Advertisements