Sabtu kemarin saya berkesempatan menghadiri International Business Day di Rotterdam Business School.

Ada salah satu presentasi yang menarik dari Professor Kiyoshi Hori tentang sebuah perusahaan bernama Irodori.

Irodori menjadi pihak ketiga yang menghubungkan nenek-nenek di Kamikatsu agar bisa menjual daun-daun yang bisa digunakan untuk menghias makanan di restoran-restoran. Menariknya Prof. Hori mengatakan bahwa core business dari Irodori adalah Information Provider. Mereka meng-edukasi penduduk Kamikatsu yang kebanyakan nenek-nenek (50% dari total populasi nya berumur lebih dari 65 tahun) tentang market informasi dari daun-daun yang bisa berpotensi untuk punya nilai ekonomis.

Prof Hori menunjukkan kasus ini sebagai contoh bahwa Entrepreneurship bisa dilakukan di Kamikatsu, terlepas dari kondisi geografis nya yang berupa gunung-gunung dan kondisi sumber daya manusia nya yang kebanyakan orang tua. Ya, nenek-nenek ini juga belajar cara mengakses email dan browsing di internet πŸ™‚

Selain Irodori, Prof. Hori juga bercerita tentang CEO yang merasa dirinya orang yang paling beruntung, kenapa? buat yang pengen tahu lebih jauh bisa download slide presentasi Prof Hori di sini

Selesai dari International Business Day di Rotterdam University, saya melanjutkan perjalanan ke Radboud University – Nijmegen. Disana sudah berkumpul kawan-kawan PPI untuk acara Sharing Session. Tema yang saya bawakan adalah Freelancepreneur.

Ketika membuat slide presentasi nya saya baru sadar bahwa tepat satu tahun yang lalu di bulan yang sama materi ini juga saya bawakan di Institut Pertanian Bogor. Pada waktu itu saya tidak menyangka bahwa saya akan mendapatkan keberuntungan untuk mempresentasikan materi ini ribuan kilo meter jauhnya dari Indonesia.

Mengingat kata-kata seseorang bahwa Learning is not about accumulating knowledge but more about nurturing curiosity, maka saya juga menyediakan step-step cara instalasi wordpress di computer stand alone, dan juga ebook yang mungkin berguna bagi yang ingin mengeksplorasi lebih dalam lagi. Terima kasih buat temen-temen Nijmegen yang mengajukan pertanyaan2 pada saat saya presentasi sehingga saya tidak hanya bisa memberi, tetapi juga menerima dari interaksi yang tercipta.

Buat temen-temen yang ingin mencari alternatif tambahan sebagai online freelancer, atau yang ingin belajar cara membuat website dengan menggunakan CMS bisa download file-file nya di sini.

Daftar file nya adalah:

  • (Slide) Freelance Netpreneur with WordPress – Awan Rimbawan.pdf: slide presentasi
  • 1 Instalasi WordPress dan WAMP.docx : panduan instalasi wamp dan wordpress
  • (Ebook) WordPress for Dummies 2nd Edition.pdf : ebook yang bagus buat pemula yang ingin belajar membuat website dengan wordpress
  • WampServer2.2a-x32.exe: file instalasi web server yang diperlukan untuk menjalankan website
  • npp.5.9.8.Installer.exe : editor notepad plus plus yang bisa digunakan untuk mengedit file .php
  • (folder) wordpress: file-file wordpress dari versi 3.3.1
  • (folder) 50 fav themes: file-file themes wordpress

Wishing you all have a great weekend πŸ™‚

