Oleh2 CD dan kaos dari RNW

 

Hari jumat kemarin adalah kali kedua saya siaran di Radio Nederland Wereldomroep. Topik siaran nya adalah tentang Multikulturalisme di Belanda, dan nama program nya adalah Kanal Muda.

Siaran kedua ini saya lebih mempersiapkan diri. Sehari sebelumnya saya browsing informasi mengenai multikulturalisme di Belanda. Dalam browsing informasi itu saya temukan bahwa Amsterdam ternyata adalah kota yang penduduk nya paling beragam sedunia. Tercatat lebih dari 170 macam kebangsaan yang berbeda tinggal disana. Menyusul Antwerp dengan total 166 kebangsaan dan New York dengan 150 kebangsaan yg berbeda.

Walaupun sempat persiapan mencari informasi terlebih dahulu, namun selepas siaran saya baru teringat beberapa event yang sebenarnya bisa dimasukkan sebagai materi acara. Pengalaman-pengalaman seperti Maastricht Carnival, Den Bosch Meeting dan juga Amsterdam Occupy baru terlintas setelah selesai siaran. Moral of the story: You’re just as better as your preparation. So prepare more next time πŸ™‚

Sebenarnya agak ragu juga menerima pekerjaan ini, naluri takut salah nya muncul. Tetapi kemudian saya pikir ini kesempatan yang bagus untuk melatih kemampuan berkomunikasi. Sejauh ini feedback dari RNW cukup memuaskan, mudah-mudahan dengan kesempatan ini saya bisa belajar lebih banyak lagi dalam hal berkomunikasi πŸ™‚

